WHAT'S NEW?
Loading...

Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin


Sebagai seorang pemimpin mungkin Anda akan menjadi sorotan banyak orang. Sifat dan perilaku Anda akan dinilai benar oleh orang-orang. Salah sedikit, rusak sudah citra yang Anda bangun. Bukan hanya citra Anda yang hancur, tapi juga perusahaan yang Anda bangun akan berkurang kredibilitasnya, apabila Anda tidak meperhatikan sifat Anda. Sebagai seorang pemimpin sebenarnya ada sifat-sifat khusus yang harus dijaga dan dikembangkan dalam diri Anda.

Selalu buka forum setelah membuat dan menyampaikan rencana

Menjadi pendengar yang baik mungkin bukan hal yang mudah bagi seorang pemimpin. Tapi memulai dari hal kecil seperti ini akan membawa dampak besar bagi perusahaan Anda. Tak ada salahnya mendengarkan pendapat dari pihak lain, termasuk bawahan Anda sendiri. Biasakan juga untuk mendengarkan dengan seksama ide-ide yang muncul. Jika merasa tak cocok dengan ide tersebut, setidaknya Anda mendapatkan sudut pandang baru. Namun jika Anda justru menerima banyak ide-ide baik, langsung tindak lanjuti tanpa perlu merasa gengsi.

Sabar dan mendengarkan pendapat

Tekanan dari berbagai macam pihak mungkin sudah cukup menguji mental Anda, tapi jangan jadikan ini alasan untuk berhenti bersikap sabar. Lagi pula pemimpin yang tidak sabaran dan ingin apapun yang serba instan malah akan membawa kerugian pada perusahaan. Jangan lupa untuk selalu berusaha mendengarkan pendapat orang lain. Hal ini akan meningkatkan kewibawaan Anda di depan bawahan.

Tidak bersikap diktator
  
Anda memang punya kekuasaan, tapi bukan berarti Anda bebas bersikap diktator. Jika Anda ingin memiliki karyawan yang loyal maka jauhi sifat diktator. Akibat bersikap diktator biasanya para bawahan cenderung tak berani untuk menyampaikan pendapatnya yang bisa jadi membawa pengaruh positif untuk perusahaan.

Pahami sifat orang di dalam perusahaan
Semua orang memiliki sifat yang berbeda dan itu berarti Anda tak bisa memperlakukan semua orang dengan sistem pukul rata. Bisa-bisa terjadi salah paham antara Anda dan karyawan karena Anda tidak memahami watak bawahan Anda. Dengan memahami sifat mereka Anda juga jadi lebih leluasa memberikan tugas dan tak perlu khawatir tugas yang Anda berikan memiliki hasil yang kurang optimal.
 
Menunjukkan perhatian pada bawahan
  
Ini adalah kunci utama untuk mendapatkan seseorang yang loyal dan selalu ada di pihak Anda. Dengan memberikan perhatian pada bawahn mereka akan merasa lebih dihargai dan dianggap penting untuk Anda. Tak perlu terlalu berlebihan, cukup menyapa dan bertanya soal makan siang atau sapaan hangat seperti “have a nice weekend” ke semua bawahan kala hari Jumat datang.
Itu lah sebagian dari banyaknya sifat yang seharusnya seorang pemimpin tanamkan dalam dirinya masing-masing. Bagaimana menurut Anda, sulit kah menerapkannya pada diri sendiri?
   
Salam,
 
Sumber:
 
http://www.terrystarbucker.com/2011/01/20/the-5-key-attitudes-of-a-leader/

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik, selalu meninggalkan Komentar, terima kasih sudah berkunjung di Blog Snoozely.