WHAT'S NEW?
Loading...

Jatuhnya Pesawat MH 17

Malaysia Airlines kembali menghadapi tragedi. Setelah pesawat MH370 hilang tanpa jejak, kini MH17 jatuh sangat mengenaskan.

Pesawat jenis Boeing 777 ini terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur, dengan 280 penumpang dan 15 kru di dalamnya. Sedianya pesawat nahas tersebut tiba di Kuala Lumpur Jumat (18/7/2014) pukul 06.10 waktu setempat.

Namun apa daya, di tengah perjalanan tepatnya di antara perbatasan Ukraina-Rusia, MH17 terjatuh. Penyebabnya diberitakan media asing karena ditembak. Namun pemerintah Ukraina maupun Rusia membantah telah menembak jatuh MH17.

Berikut ini detik-detik sebelum pesawat itu jatuh, seperti dikutip Bernama.

Kamis 17 Juli 2014

12.15 PM waktu Belanda, MH17 bertolak dari Amsterdam Airport.

10.15 PM waktu Malaysia, Malaysia Airlines menerima pesan dari ATC Ukraina telah kehilangan kontak dengan MH17 di posisi 30 km dari Tamak, atau 50 km dari perbatasan Ukraina-Rusia.

Jumat 18 Juli 2014

12.00 AM waktu Malaysia, PM Datuk Seri NajibTun Rajak. "Saya syok mendapatkan laporan MH17 kecelakaa," ujarnya seperti dikutip Bernama.

PM Ukraina Aseniy Yatsenyuk menginstruksikan untuk melakukan investigasi

2.07 AM Reuters memberitakan kementerian di Rusia meminta izin kepada Ukraina untuk membatu penyelamatan korban dan dibawa ke Rusia.

2.30 AM Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Wilmington mengatakan peristiwa ini ada semua tragedi yang mengerikan. As juga menawarkan sejumlah bantuan untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat.

Sekira 100 mayat ditemukan di sekitar puing-puing pesawat Malaysia Airlines yang jatuh di Ukraina. 295 penumpang berada di dalam pesawat ketika insiden ini terjadi.

Pencarian dari regu penyelamat di lokasi kejadian memastikan, sekira 100 mayat sudah ditemukan hingga saat ini. Mereka masih mencari mayat penumpang lainnya. Demikian diberitakan ITV, Jumat (18/7/2014).

Menurut pihak regu penyelamat, 100 mayat tersebut ditemukan terpisah dari puing pesawat. Kondisi menyeramkan pun tampak di lokasi jatuhnya pesawat yang bertolak dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur itu.

Ada dugaan pesawat ditembak jatuh saat tengah terbang dalam ketinggian 10.058 meter. Pihak Malaysia Airlines pun sudah mengakui kehilangan kontak dari pesawat tersebut.

Menurut keterangan seorang Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Ukraina, kemungkinan besar kelompok separatis Ukraina yang melepaskan tembakan roket tersebut.



Pesawat jenis Boeing 777 tersebut dikabarkan tengah melintasi wilayah udara Ukraina ketika kejadian berlangsung.

Sebuah fakta mengejutkan disampaikan oleh kantor berita swasta Rusia, Interfax. Mereka menyebutkan bahwa pesawat kepresidenan Rusia melewati jalur yang sama dengan pesawat MH17.

Keterangan tersebut disampaikan Interfax setelah mengutip pernyataan dari sumber dekat pemerintah Rusia. Menurut sumber yang dirahasiakan tersebut banyak kesamaan dari MH17 dan pesawat Presiden Rusia.

"Saya katakan pesawat Putin dan MH17 ada di jalur yang sama. Presiden Rusia ada di jalur itu pada pukul 16.21 waktu Moskow dan MH17 ada di situ pada 15.44," sebut sumber tersebut, dikutip dari RT, Jumat (18/7/2014).

"Kontur kedua pesawat sangat mirip, pada jarak cukup dekat mereka telihat identik," tambah sumber tersebut.

Belum diketahui apa motif dari sumber itu mengungkapkan fakta ini. Namun setelah MH17 jatuh, Rusia dan Ukraina saling tuding mengenai siapa yang patut disalahkan.

Sumber :Okezone

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik, selalu meninggalkan Komentar, terima kasih sudah berkunjung di Blog Snoozely.