WHAT'S NEW?
Loading...

8 Tips Membuat Film Pendek

Di antara kamu mungkin ada yang sedang bingung dan mencari bagaimana sih tips membuat film pendek. Kamu tahu kan film pendek?  Film yang biasnaya berdurasi kurang dari 50 menit ini populer di tahun 50-an di mana Manifesto Oberhausen di Jerman dan kelompok Jean Mitry di Perancis lah penggagas dari film pendek ini. Nah, untuk kamu yang sedang belajar di dunia perfilman, kali ini IDS akan memberikan tips membuat film pendek sendiri.

1. Siapkan budget
Jangan pernah berpikir bahwa film pendek tak memerlukan budget. Semua  jenis film akan tetap membutuhkan biaya yang berbeda jumlahnya. Maka dari itu siapkan dana yang sekiranya dibutuhkan dalam produksi. Dengan membuat perkiraan biaya maka kamu akan tahu rencana yang harus dijalankan karena tanpa adanya budget bisa jadi film tak akan terbentuk.

2. Minta persetujuan
Misalkan kamu memiliki budget berlebih untuk film pendek yang akan kamu buat dan kamu berencana untuk meminta peran seorang artis, music director, artwork, atau sponsor. Maka minta persetujuan dengan mereka bahkan jika diperlukan kamu buat sebuah kontrak kerja untuk meminimalisir kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi.

3. Buatlah pendek
Namanya film pendek, ya pasti durasinya pendek sesuai dengan namanya. Maka buat film tak bertele-tele agar penonton nantinya tak merasa bosan. Mungkin akan terkesan sulit bagaimana membuat film dengan durasi pendek namun memang seperti itu persyaratan dari film pendek. Meskipun maksimalnya 50 menit, kamu bisa buat lebih pendek tak lebih dari 30 menit.

4. Lakukan casting
Kamu mungkin tak memiliki budget lebih untuk membayar seorang aktris. Maka jangan biarkan orang lain yang tak bisa berperan masuk ke dalam film pendekmu. Lakukan casting untuk menyaring orang yang sesuai dengan karakter pemain dalam filmmu. Lakukan casting jauh sebelum produksi film dimulai.

5. Tata suara baik
Tak sedikit film pendek yang memiliki tata suara yang buruk, padahal ide cerita cukup menarik. Nah, agar kamu terhindar dari hal itu sebaiknya gunakan perangkan pendukung seperti boom mic.

6. Hindari zoom saat produksi
Kameraman yang baik yaitu mereka yang mampu mengurangi zooming, apalagi yang tak begitu mahir dalam menggunakannya. Untuk mendapatkan gambar lebih dekat ke objek sangat baik menggunakan dolly, camera glider, atau lakukan cut and shoot!

7. Hindari efek berlebih
Kebanyakan film pendek mengandalkan efek-efek seperti  saat memulai film dengan alarm hitungan mundur (ringing alarm clock), transisi yang berlebihan seperti dissolves/wipe, dan credit titles yang panjang. Sebaiknya lakukan efek yang tak berlebihan dalm film pendekmu.

8. Lakukan shooting siang hari
Biasanya film pendek diproduksi dengan biaya yang minim dan peralatan yang ala kadarnya. Salah satu peralatan yang tak dimiliki mungkin saja masalah lighting. Maka dari itu lebih baik gunakan siang hari saat produksi dibandingkan malam hari. Karena kondisi gelap akan membuat produksi membutuhkan banyak cahaya. Meskipun dapat melakukan color correction pada saat editing, tapi sudah pasti dapat menyebabkan noise dan kualitas gambar menjadi drop

Sumber :idsedication
Picture :bayartwork fb :bbuy_yu12@ymail.com

0 comments:

Post a Comment

Pengunjung yang baik, selalu meninggalkan Komentar, terima kasih sudah berkunjung di Blog Snoozely.